Tips Sederhana Merancang Nama Bayi


Tips Sederhana Merancang Nama Bayi Anda. Bagi sebagian orang, merancang nama untuk anak mudah saja karena sejak belum menikah ia mungkin sudah mengangan-angankan akan memberi nama tertentu untuk anaknya kelak. Bagi orang lain, membuat nama bayi hanya membuatnya pusing. Bahkan, harus dibantu doa agar ia bisa menemukan nama yang tepat.

Pada dasarnya, nama seharusnya mengandung doa, atau tepatnya, pengharapan akan sesuatu yang baik untuk seseorang. Apakah Anda ingin anak Anda nanti menjadi anak yang setia, cerdas, dan selalu menularkan kasih kepada orang di sekitarnya? Cobalah merancang nama dari pengharapan tersebut, entah dari bahasa daerah, bahasa Indonesia, Sansekerta, atau dari sumber-sumber lain. Percaya deh, urusan merancang nama ini akan menjadi kegiatan seru untuk Anda dan suami yang sedang menanti kelahiran si kecil. Untuk mempermudah Anda, coba pertimbangkan 7 hal berikut ini:

1. Memiliki makna

Banyak nama bayi yang diambil dari bahasa-bahasa tertentu yang memiliki makna, misalnya seperti kebiasaan suku Tapanuli (atau orang Hawai). Sedangkan kebanyakan nama yang lain hanya merupakan rekaan saja. Jika Anda menemukan sebuah nama yang terdengar cantik, namun maknanya kurang berarti, sebaiknya jangan dipakai. Saat mencari nama-nama bayi di internet, cobalah mencari dengan kata kunci berdasarkan karakter si anak. Namun sebaliknya, jangan menonjolkan unsur makna saja tanpa mempertimbangkan keindahan.

2. Mudah dieja

Anda mungkin bangga karena berhasil menciptakan nama yang unik untuk si kecil. Namun jika nama yang Anda berikan sulit dibaca atau diucapkan, coba pertimbangkan lagi. Anak bisa mengalami kesulitan ketika sudah mulai masuk sekolah nanti. Misalnya, nama yang ditulis di ijazah tidak sama dengan nama di akte kelahiran (karena begitu sulit dieja). Masalah ini akan terus mengikutinya, selama ia harus menangani dokumen pribadi.

3. Tidak membuat anak tertekan

Meskipun nama itu mengandung harapan akan kebaikan untuk si anak, Anda perlu mengingat bahwa jaman telah berubah. Anak telah memiliki wawasan yang jauh lebih luas berkat sumber informasi yang lebih mudah diakses. Jangan sampai kelak anak merasa sangat tidak nyaman dengan nama pemberian orangtuanya. Besar kemungkinan, anak mendapat tekanan sosial berupa ejekan dari teman-temannya. Mampukah kelak ia menghadapi tekanan sosial semacam itu?

4. Tidak ada kenangan khusus

Anda mungkin telah menyimpan nama yang cantik untuk anak Anda, namun belakangan Anda baru tahu, nama itu ternyata sama dengan nama mantan kekasih suami. Atau, suami baru tahu bahwa nama anak lelaki pertamanya ternyata sama dengan nama mantan kekasih Anda. Bila nama ini mengandung kenangan tertentu tentang orang-orang di masa lalu, Anda pasti tak ingin menggunakannya lagi untuk anak Anda.

5. Unsur agama

Nama yang mengandung unsur agama juga merupakan pilihan yang bijak, karena nama ini akan langsung menunjukkan identitas Anda. Hanya saja, sering kita temui orang yang salah memilih nama. Pastikan Anda menyandang nama dengan unsur agama yang Anda anut, bukan agama yang lain.

6. Penghargaan untuk seseorang

Anda menghormati atau mengidolakan seseorang? Boleh saja Anda mencomot sebagian namanya. Namun harap diingat, pilih nama yang tetap mengandung makna yang baik. Selain itu, ambil nama depannya, bukan nama belakangnya. Jadi jika Anda mengagumi Gwyneth Paltrow, comotlah “Gwyneth”-nya, bukan “Paltrow”-nya. Sebab orang lain akan mengira Paltrow adalah nama belakang suami Anda.

7. Seni mempadupadankan

Adalah hak Anda untuk membuat nama seperti apa pun yang Anda mau. Untuk memastikan bahwa nama itu terdengar indah, coba ucapkan dengan keras. Akan lebih baik jika Anda memadukan nama pendek (dengan dua suku kata) dengan nama panjang (tiga atau empat suku kata). Atau sebaliknya, nama panjang dulu, baru nama pendek. Atau, bila nama depannya agak kebarat-baratan, lanjutkan dengan nama Indonesia. [ kompas.com ]

35 responses to “Tips Sederhana Merancang Nama Bayi

  1. ‎​ƍOº°˚˚°ºϑ̵̵̐..(y) ƍOº°˚˚°ºϑ̵̵̐..(y) ƍOº°˚˚°ºϑ̵̵̐..(y)

  2. prabu hussein al khodri

    prabu hussein al khodri apa artix

  3. pengen punya nama anak berawalan abjad R..bagus nya apa yach?

  4. mbak zamah kalo arti nama Raisya jasmina mumbtaz…. apa ya…????

  5. ksih tau donk tambahan nama bwat kayla….

  6. izin share mbak…
    afri hendra

  7. pariza qabila apa artinya mb

  8. mbak saya mau nanya. bagus nya nama buat adik saya apa ya?
    Jenis kelamin: laki laki
    agama: islam
    tanggal lahir: jum’at, 02 maret 2012
    jam: 8 malam kurang 10

  9. aq ingin nma ank cwok dan cwek yg stia,baik perilakunya,lemah lembut dan cakep.

  10. Gede Budi Antara Putra

    Saya ingin memberi nama anak saya Luh Putu Tami Kamilatunnisa

    – Luh Putu itu adalah panggilan untuk anak pertama di bali (saya ada keturunan dari bali (ayah) dan istri saya orang jawa, dan saya seorang muslim).

    – Tami, saya ambil dari bahasa sansekerta ya itu Tat Twam Asi (engkau adalah aku) jadi saya ingin mengambil makna bahwa sedihmu adalah sedihku, bahagiaku adalah bahagiamu dan aku akan menyayangimu seperti aku menyayangi diriku sendiri.

    – Kamilatunnisa ini dari bahasa arab yang berarti Anak Perempuan yang cantik (request dari istri saya)

    Tanggal Lahir anak saya Senin 5 – 3 – 2012 pada jam 03.35 WIB

    Mohon Komentarnya

  11. Klo ksh nama anak ga usah ala kebarat2an.qta kan org indonesia.

  12. anak q ke 2 baru sja lahir. snin legi jam 8. tlong donx bntu cari nama yg bagus.

  13. mau tanya mbak
    anak perempuan di ksh nama bagusnya pa
    anak laki-laki di ksh nama bagusnya pa

  14. mau dikasi nama “nuha ibnu lukman”. masing2 kata bisa minta tolong di carikan artinya, tolong yyy…………. insya allah buat calon anak.

  15. Dear mbak Zamah,
    mau minta masukan, kalau anakx lahir nanti insya allah bulan ramadhan..nama yang cocok apa yah mbak???

  16. . mbak kira-kira nama yang cocok buat bayi laki-laki yang di perkirakan akan lahir bulan juni nanti apa ya ..

  17. Ass.Luar biasa…..salam kenal dari saya…..

  18. mw nanya nama islami yg baik buat clon anakku nanti apa ya,?
    Pengen di kasih nama gabungan orang tuanya,
    Bunda:Suartika
    Ayah:Muhamad Zakaria
    Buat anak cewe n cowo.
    Mkasih.

  19. Artikel yang sangat bagus, Makasih ya

  20. kak kata kamu nama Qontia Azahra Asyifa bagus ndakk ?

  21. mbak ., klo Aqilah Dinda Thohiro apa artinya ?

    ksh usul nama bayi laki-laki ya mbak ??

  22. kalau nama Nabila sholihatunnisa apa artinya ?

  23. Nama memang identik dengan kepribadian, nama yang islami emang seharusnnya..dikasih nama yang indah dan mudah diucapkan

  24. Tidak membuat anak tertekan = setuju !

  25. mba klau GIBRAN RAFI’RABBANI SOFYAN apa artinya…

  26. Nur fah ria lating

    Wow nama yang bagus2 terima kasih ya atas tipsnya saya suka banget nama2 itu dan saya sudah ketemui nama yang bagus untuk adik saya yang baru lahir

  27. mbak kl Muhammad Nafis Atharizz artinya apa ya?

    • Tharizz itu berarti model dan nafis mungkin kata dasarnya nafs yang berarti diri. Sehingga kemungkinan artinya adalah “model diri” contoh, keteladanan.

      Mohon masukan teman-teman ya

  28. maaf saya udah mendawload ebok kamus bahasa arab indonesia dengan tebal 1600 halaman tp u ntuk file gak bisa di buka, saya minta tolong kasih passwordnya trim

    • Mohon maaf penyedia kamus bukan kami tapi adalah pemilik blog, silahkan hubungi langsung pemilik blognya. Jika tidak bisa nanti kita diskusikan disini. Terimakasih ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s