NAMA BAYI ISLAMI

Nama Bayi Islami itu penting bagi keluarga muslim

NAMA BAYI ISLAMI

Posted by zamah pada 5 Maret 2009


Para ahli sosiologi berpendapat bahwa nama yang berikan orangtua kepada anaknya akan mempengaruhi kepribadian, kemampuan anak dalam berinteraksi dengan orang lain, dan bagaimana cara orang menilai diri si pemilik nama.

Banyak alasan dan pertimbangan para orangtua dalam memilihkan nama anak. Ada yang menyukai anaknya memiliki nama yang unik dan tidak ‘pasaran’. Mungkin mereka tidak suka membayangkan ketika nama anaknya dipanggil di depan kelas, ternyata ada lima orang anak yang maju karena kebetulan namanya sama. Ada yang lebih suka anaknya memiliki nama yang singkat dan mudah diingat. Orangtua seperti ini akan beralasan, “Toh nanti anakku akan dipanggil dengan nama bapaknya di elakang namanya.” Walaupun pernah kejadian orang Indonesia yang diharuskan mengisi suatu formulir di negara Eropa agak kebingungan karena diharuskan mengisi kolom nama keluarga. Padahal sebagaimana juga kebanyakan orang Indonesia, nama yang ada di kartu indentitasnya hanya nama tunggal, tanpa nama keluarga atau bin/binti.

Beberapa orangtua lain memilihkan nama yang megah untuk buah hati mereka. Sementara bagi kalangan tertentu ada kepercayaan jika anak ‘keberatan nama’ nanti bisa sakit-sakitan. Sebagian orang ada yang menganggap nama sebagai sesuatu yang biasa, sekedar identitas yang membedakan seseorang dengan yang lain. Ada lagi yang memilihkan nama untuk anaknya berdasarkan rasa penghargaan terhadap seseorang yang dianggap telah berjasa atau dikagumi. “As a tribute to,” demikian alasannya.

(Arti nama-nama bayi pada blog ini dulunya  berbahasa Inggris namun karena banyak permintaan, maka secara perlahan saya terjemahkan kedalam bahasa Indonesia menggunkan kamus Google Translate. Karena itu bila anda merasa ada yang kurang pas anda bisa counter cek dengan kamus Arab – Indonesia)

Auto Submit

About these ads

100 Tanggapan to “NAMA BAYI ISLAMI”

  1. maricurhat berkata

    *BLOGWALKING*

    ^^

    Mampir yua k blog aQ :)

  2. Farid berkata

    Tambahan referensi untuk merangkai nama islami (composing muslim baby names) http://www.namaislami.com
    Semoga bermanfaat. Salam ukhuwah

  3. Arifin berkata

    apalah arti sebuah nama?/
    Namun, tanpa nama bagaimana?

  4. Agama dan Media berkata

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Insya Allah bulan depan (Pebruari 2010), ana punya anak, karena sekarang istri saya lagi mengandung sudah masuk 8 bulan. Mohon do’anya ya untuk kelancaran dalam melahirkan nantinya.

    Oooooo….ya saya berselancar kesini karena mo cari nama yang baik untuk calon anak saya.
    Saya mau anak saya bernama Muhammad Al Ayyubi tapi istri saya katanya mau menambahkan sebelum Al Ayyubi, ntah nama apa maunya? Ada yang mau kasih sarah???? Kasih saran ke blog ana ya di Agama dan Media

  5. Indra Gunawan berkata

    Mohon sarannya adik saya ingin melahirkan anak keduanya..bisa minta saran nama yang baik islami dan agak ada jawanya..nama untuk anak laki-laki.trima kasih

  6. ulfah berkata

    kalau aliya adzra artinya apa ya? arti perkata maupun gabungan

  7. Ahmad Haikal berkata

    asalamualaikaum….

    nama nama islaminya bagus2 sekali, mohon bantuan arti dari nama saya apa ya..? Ahmad Haikal…?
    ada ga nama2 islam yang nga berbau teroris… mohon bantuannya….
    syukron kasyiron…

    wasalam

  8. idafazz berkata

    makasih nama2 bayinya mampir ke tempat aq bentar ya… belum da papanya sih.. hehe

  9. tetembak berkata

    makasih.. aku kemarin emang dapat pesenan buat nyariin nama2 bayi… sangat membantu..:D

  10. Sayidul Achmar berkata

    asalamualaikaum….

    mohon bantuanya, nama saya Sayidul Achmar dan nama istri Saya Khotifah, kami ingin membrikan nama pd ank laki-laki kami Muhamad Syarif Sakharia atau Hisyam Mursyid Sakharia, menurt and bgmn, atau mngkin anda bisa memberikan nama yg lebih pnts untk anak km.

    intinya kami ingin memberikan nama pd ank kami dngan tujuan agr ank kami tdk smbong, slalau rndah diri, dan bnyak membantu org lain.

    saya ucapkan terima kasih yg sebesar-besarny kpd smuany.

    • zamah berkata

      Kedua nama itu sudahbagus kok… cuma kok pengennya selalu rendah diri sih? Bukannya rendah hati? kalo rendah diri mah ngak bagus atuh…

  11. anny berkata

    teman – teman barang kali ada yang punya saran buat anak saya nanti yang kira2 insya alloh satu minggu lagi lahir. . .minta saran buat nama anak laki2 yang artinya masuk keislaman trs kl boleh dikasih artiNya sekalian. . . maturnuwun. .

  12. Yullia berkata

    Ak pngn cri nMa2 yg cntiq wat calon anak prtmaQu ni…
    Tp xo nMa2 di blog ni krng mNarik y.,..
    Bz tmpilin yg lbh bru g?

  13. oesman berkata

    Assalamuallaikum….saya mempunyai anak tiri pertama laki-laki bernama joshua rahezkiel carvena lahir tggl 28 maret 2008,tolong dibantu donk saya mau merubah nama anak saya tersebut dengan nama Islami..yang jadi membingungkan saya sekarang dia sudah mulai mengenal diri nya dipanggil JOSH..,sebelumnya saya mengucapkan trimakasih…Wassalam.

    • zamah berkata

      Sudah cukup besar ya… 12 tahun laki-laki ya pak? Kalo dia jadi muallaf biasanya diawali dengan Muhammad bagus… misalnya
      Muhammad Ridho Ramadhan dll

      • oesman berkata

        dia baru berumur 2 tahun. bisa gak dicarikan nama islami yg mendekati nama panggilan nya sehari-hari “josh atau joshua”…terimakasih banyak lho..udah membantu…

      • zamah berkata

        Apa ya… nanti kalo ketemu saya info deh sekarang masih belum ada inspirasi

  14. Saya ingin memberikan nama anak ku yang baik.

  15. Eka berkata

    Minta saran untuk nama anak yg islami

  16. Names Gifts berkata

    Sy senang membaca komentar2 topik nama diblog ini. Nama, sebuah gifts yg sangat berharga dari orang tua.

  17. kris berkata

    safira nama yng bgus g y?

  18. novie berkata

    yua…….. lumayan sih, tapi kok banyak yang udah di pasaran cie??yang baru lagi dong!?

  19. Tas Anak Islami berkata

    Blog ini sangat bermanfaat bagi saya yg sedang mencari nama terbaik untuk anak saya. Mohon ditambah dan diperbanyak lagi nama-nama islaminya. trims

  20. aza zahira al-zahwa berkata

    wah. nama2ny bgus2 bnget,,
    ak jd trbantu cz pamanQ mo puny ank….
    dya mnta nm yg bgus…
    bs mnta tlong cariin nama yg plng pntes g??
    cz nm diats bnyk bnget, ak jd bngung..,,,,
    Trims :)

  21. Endang L.S berkata

    Abigail nama islami bkn ya?

  22. icha vanzawa berkata

    tolong criin arti nama “Rahima Yasyfa Vanzawa” ya,,, vanzawa-nya g ush di artiin,,

  23. edy berkata

    tlong dunk criin nma buat clon byiq.,?aq edy n istrrq mya?ayo gbung criin yg bgus ya.

  24. jumria berkata

    tlng carikan arti nama QWINA ALIKA ZAHARA mksh.

  25. Ani berkata

    Cari nama untuk artinya perempuan yang tegar donk..

  26. Ani berkata

    cariin nama dengan arti perempuan yang tegar donk..

  27. Ani berkata

    Arinya nama Almira Liyana Rasikhah apa ya???
    ada yang tau g????

  28. Ani berkata

    Artinya nama Almira Liyana Rasikhah apa ya???
    ada yang tau g…????

  29. lengkap sekali….terima kasih

  30. Imam berkata

    Ass, mohon bimbingan langkah2 apakah yg harus dilakukan untuk bisa merangkai nama yg penuh makna? makasih atas bimbingannya Wslm.

  31. Yuri Handoko berkata

    Assalaamu’alaikum..
    mohon bantuanny untuk arti nama “Qudsi & Qadfa” y.
    terima kasih sebelumnya..

    • zamah berkata

      Qudsi = Qudus = bersih tetapi Qodfa tidak ditemukan artinya. Atau bila antum bisa bahasa arab mungkin bisa dicari turunannya.
      Misalnya Qodfa – Yaqfudu – Qodfan – dst sehingga artinya tetap sama tetapi berubah bentuk misalnya menjadi “yang membersihkan”, “yang dibersihkan”, dll.

  32. arisona tinggal berkata

    tlong kirim nama anak lki2 n cewek mulim tpi keren

  33. Bambang Irawan berkata

    Saya mau Memberi nama anak saya yg pertama
    ……… Ahmadinejad
    ada yg bisa bantu gak nama depan nya yg cocok dgn ahmadinejad tsb ( Ahmadinejad artinya klo gak salah Keturunan orang baik, mohon bantuan nya …tks

  34. roa berkata

    kalau mau yg lebih lengkap bisa ke sini :D
    http://pernikmuslim.com/namanama-indah-buat-sang-bayi-p-1003.html
    http://pernikmuslim.com/ensiklopedi-nama-cantik-untuk-sang-buah-hati-p-995.html

  35. zana berkata

    tlong cri kan erti nama farafisa

  36. Al Muzny berkata

    Assalamu’alaikum. Saya sangat berterima kasih dapat menemukan NAMA NAMA ISLAMI ini. Saya lagi mencari nama yang tepat buat anak keluraga yang baru lahir hari ini, tepatnya hari Selasa, pukul 08.00 WIb seorang perempuan. Anak dari Ahmad Rifa’i dan Indahwai. Ada yang bisa kasih saran tidak nama siapa yang tepat buat orok tersebut?

    • zamah berkata

      Teman-teman mungkin ada yang bisa bantu, tolong ya…

      • Al Muzny berkata

        Kami masih menunggu sumbangsih saran untuk memberikan nama yang baik kepada saudara saya, sampai saat ini kami belum menemukan nama yang cocok untukl si Buah hati kesayangannya.

  37. iyut berkata

    ass.. mb..tolong dong cariin nama buat ank say ke3 yg insya Allah lahir akhir puasa or kl ga setelah lebaran ini, Insya allah sich lk. Syukron

  38. gamed berkata

    paling palingan aku kesana dicuekin ama kalian

  39. aldi berkata

    saya mau beri nama anak saya MUHAMMAD ALBY FACHRY. da yg tau gk artinya???

  40. Desi Susanti berkata

    Assalamu’alaikum
    Ibu angkat ana sebentar lagi akan melahirkan anak yg ke 5. Ana ingin memberi nama ”hanyfah aulia atau pun latifah aulia”.

    Tapi ana tidak tau arti dari nama tersebut.
    Mohon bantuannya untuk menjelaskan arti dari nama tersebut

    • zamah berkata

      Hanif tidak ditemukan artinya dalam kamus bahasa Arab – Indonesia.
      Latif artinya maha lembut sedang aulia artinya pemimpin.

      jadi Latifah Aulia bisa berarti Pemimpin yang Lembut

  41. m subekty berkata

    apa arti nama anak saya yang pertama ,muhammad syachul mifta ahad,yg ke dua muhammad alwi maghribi terimakasih atas informasinya ,wassallam ,dari bekty di surabaya

  42. Soleh berkata

    Ass,mba saya mau cari nama anak yg bagus apa ya?Lw bsa yg kembar.mksh

  43. nela wulandari berkata

    assalamualaikum,,,saya d sruh org tua saya untk mncri nma untk adikku,,baik lki2 maupn prmpuan,,,,kiara2 apa ya,,,nama yg mncrminkn kpribadian yg baik untk lki2 dn prmpuan…trimaksiihh :)

  44. rinda lestari berkata

    asslmualaikum.wr.wb ….

    tolong bantu kira-kira nama buat kepanjangan yg cocok dari RHEYZAL apa yaa…
    saya bingung tolong bales..

  45. THANKS

  46. Mimie Purba berkata

    Assalamualaikum,, teman2 smw mohon bantuannya, saya lagi hamil anak pertama tolong dong dicarikan nm cwe atau cwo yang bgs menurut islam dan gabungan dr kedua org tuanya, nama suami saya deni sutrisno dan saya mimiansih….terima kasih

    wslm

  47. why berkata

    asslmualaikum.wr.wb ….
    mohon bantuaanya untuk memberi bayi saya nnti. nma saya “wahyu” istri saya “tatih kusmayanti” kira2 apa ya.. yg cocok buat calon bayi perempuanku?

  48. wahyu berkata

    asslmualaikum.wr.wb ….
    mohon bantuaanya untuk memberi bayi saya nnti. nma saya “wahyu” istri saya “tatih kusmayanti” kira2 apa ya.. yg cocok buat calon bayi perempuanku?

  49. UNKNOWN berkata

    Blog’e Cah Nganjuk mensupport blog agan agar trs berkarya…keep write gan biar cpt dpt pr dr google :)

    • zamah berkata

      Agan ini pasti internet marketer yang handal. Boleh saya jadi muridnya gan? Sungguh saya serius! Saya buat blog ini tidak untuk mencari page rank tapi buat bantu yang nyari nama anak aja gan. Tapi kalo ada ilmunya boleh juga kan?

  50. Rachmat Hidayat berkata

    mohon bantuannya apa arti nama aulia khansaa dina

  51. ajeng berkata

    gan.. mohon saran nya. apa arti nama Bintang allhesa ghozalli angger..

  52. irfan berkata

    selamat malam
    mohon bantuannya, kalo nama Muhammad siras bagus g
    terima kasih

  53. fanos berkata

    Assalamualaikum.

    T’th zamah… Mohon bantuan dan sarannya untuk nama Muhammad siras artinya apa dan bagus tidak? jika ada saran lain untuk nama bayi laki2 mohon dicantumkan

    Terimakasih

    • zamah berkata

      Kata Siras tidak ditemukan dalam kamus mas Mufid. Yang ditemukan amalah kata Siraj = pelana kuda. Kalau saran tanpa rambu-rambu pilihannya menjadi terlalu banyak misalnya:
      Muhammad Sayyid (pemimpin), Muhammad Asyraf (pemimpin) Muhammad Sayyid Asyraf dll.

  54. Alfi berkata

    asalamualaikum warohmatullohi wabarokatu,,saya mau minta infonya mungkin bulan2 ini saya akan mempunyai anak pertama,dan saya udah mempersiapkan nama sih kalo lahir cowo saya akan berikan nama ,,muhamad kevin hidayatulloh,cocok ga nama untuk bayi laki2 itu,,saya tunggu infonya di gwltrucking2@gmail.com

    wasalam,,,

    • zamah berkata

      Cocok mas… kata kuncinya ada di Hidayatullah yang berarti petunjuk Allah. Jadi semoga dia selalu mendapat petunjuk dari Allah swt. Amiiin.

  55. Achmad Syaichu berkata

    assalamu’alaikum wr. wb

    Mohon arti nama anak saya jika perempuan ” SALWA MUDRIKAH ” dan jika laki – laki
    ” ACHMAD FADLAN KAHFI “.

    Mohon balasannya ke email syaichu.achmad23@gmail.com

    Syukron

  56. Silvia berkata

    Ass…
    Saya Silvia dan suami Oki.
    Kami mau nyiapin nama buat anak pertma kami. Bagusnya “RAYHAN PRATAMA HAFIDZ” atau “RAYHAN PRATAMA SAFIIQ”, ea mb…
    Mkasih…

  57. saya ingin tau arti dari inayah wulan dari rahma

  58. deni maulana berkata

    Assalamualaikum wr wb.
    Kami mau nyiapin nama untuk anak kami “Nazira areej hisana” dan “Nazran Maulana Al-Nafis” apakah susunan dan maknanya sudah benar ? makasih.
    Wassalam.

  59. h\

  60. hendrion berkata

    saya mau cari nama islami untuk anak laki-laki…. kalo zavi atau ziado apa ya arti nyaaaa atau mohon bantuan nama. anak saya lahir 27 maret 2012

  61. andriyansyah berkata

    asslm.
    mbak saya andriyansyah dan asih listiani, Insya Allah bulan agustus 2012ebruari 2010 saya punya anak, karena sekarang istri saya lagi mengandung sudah masuk 7 bulan. Mohon do’anya ya untuk kelancaran dalam melahirkan nantinya.

    Oooooo….ya saya berselancar kesini karena mo cari nama yang baik untuk calon anak saya.
    saya tertarik dengan nama belakang nya Al shirazy , kira nama untuk yang di depan apa ya mbak bagusnya??

  62. nama islam untuk anak pertama, laki2 kira2 lahirnya sehabis bulan ramadhan besok. tolong di bantu ya. trimakasih

  63. anwar berkata

    saya anwar n istri saya sri, rencananya sich mau mberi na buat anak pertama kami, MUHAMMAD ALFY, artinya Yang terpuji dan memiliki.

  64. adhitya essa berkata

    apa arti dari tsaqif raffasya

  65. Bang Uddin berkata

    ALLAH Subhanahu wa Ta`ala berfirman maksudnya: “Barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarah pun, nescaya dia akan melihat (balasan) nya.” (Surah al-Zalzalah, ayat ke-7.)

  66. Bunda Atik berkata

    assalamu’alaikum
    tolong bantu saya mencari nama untuk calon bayi saya..kata dokter jenis kelamin laki2 n kira2 lahir bulan november..tolong bantu bu admin

  67. Mamat berkata

    Apa arti nama askia

  68. ayubchutbi berkata

    Saya Ayub nama anak saya Qorina Hazhiratul qudsi Al Ayyubi , saya kesulitan utk menyingkatnya dengan tepat. Tolong bisa dibantu, trimakasih

  69. efendi berkata

    ada yang bisa bantu gak arti dari rencana pemberian buat nama anakku nanti (Alya Fajrina syafitri) atau ada yang bisa kasi referensi lain agar artinya itu sesuai seperti yang ku inginkan, menjadi anak yg punya kedudukan mulia/tinggi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 914 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: