NAMA BAYI ISLAMI

Nama Bayi Islami itu penting bagi keluarga muslim

Aqiqah


Auto Submit

Untuk pesanan masakan Aqiqah dan Syukuran anda bisa pesan di http://zonaaqiqah.blogspot.com/
(Wilayah BSD, Pamulang, Parung, Depok, Gunungsindur)
———————————————————————————————————————

AQIQAH: Kurban atas Anak yang Baru Lahir

Oleh: Muhammad ESA

Arti Leksikal Aqiqah

Akikah (Ar.: ‘aqiqah [akar kata ‘aqqa] = membelah dan memotong). Menurut istilah syar’i (yang berdasarkan syarak) adalah binatang yang disembelih sebagai kurban atas anak yang baru lahir.

Hukum Aqiqah

Fukaha (ahli fikih) mempunyai pendapat yang berbeda-beda tentang hukum akikah sebagai berikut :.

1. Segolongan fukaha, di antaranya para pengikut Daud az-Zahiri, Imam Hasan al-Basri, dan Imam Lais bin Sa’ad, berpendapat bahwa akikah adalah wajib.

2. Jumhur (mayoritas) ulama seperti Imam Malik, ulama Madinah, Imam Syafi’I serta para pengikutnya, imam Ahmad bin Hanbal (Imam Hanbali), Ishaq, Abu Saur, dan segolongan besar ahli fikih dan mujtahid (ahli ijtihad) lainnya berpendapat bahwa hukum akikah adalah sunah.

3. Para fukaha pengikut Abu Hanifah (Imam Hanafi) berpendapat bahwa akikah tidak wajib dan tidak pula sunah, melainkan termasuk ibadah tatawwu’ (sukarela).

Dasar Hukum Akikah

Perbedaan pendapat tersebut muncul disebabkan adanya perbedaan pemahaman terhadap hadis-hadis yang berkenaan dengan masalah ini sebagai berikut
“Setiap anak tergadai dengan akikahnya. (Binatang) itu disembelihkan untuknya pada hari ketujuh, dan pada hari itu juga kotoran dibersihkan darinya” (HR. at-Tirmizi, an-Nasa’i, dan Ibnu Majah).
“Aku tidak suka sembelihan-sembelihan (akikah). Akan tetapi, barangsiapa dianugerahi seorang anak, lalu dia hendak menyembelih hewan untuk anaknya itu, dia dipersilakan melakukannya” (HR. al-Baihaki).

Hewan Akikah

Dalam masalah hewan yang digunakan untuk akikah terdapat perbedaan pendapat diantara para fukaha sebagai berikut :
Jumhur fukaha berpendapat bahwa hewan yang boleh dipakai untuk akikah hanyalah hewan yang bisa disembelih untuk kurban yang terdiri atas delapan macam (empat pasang) binatang.
Imam Malik lebih suka memilih domba (da’n) sesuai dengan pendapatnya tentang hewan kurban.
Fukaha lain berpegang pada prinsip bahwa unta lebih utama daripada sapi dan sapi lebih utama daripada domba.

Dasar Hukum Hewan Akikah

Perbedaan pendapat tersebut disebabkan karena adanya pertentangan antara hadis-hadis mengenai akikah dan kias sebagai berikut :
“Rasulullah saw menyembelih (akikah) untuk Hasan bin Ali bin Abi Thalib dan Husein bin Ali bin Abi Thalib, cucu Nabi saw, masing-masing satu kambing” (HR. Ibnu Abbas ra).
“Akikah anak perempuan adalah satu kambing, sedangkan untuk akikah anak laki-laki adalah dua kambing” (HR. Abu Dawud).
Menurut kias, karena akikah adalah suatu ibadah yang berupa penyembelihan binatang, seharusnya diutamakan hewan yang lebih besar karena dipersamakan dengan penyembelihan hewan al-hadyu (kurban).

Tentang umur dan sifat hewan akikah, para fukaha sepakat, sama dengan umur dan kondisi hewan kurban, yakni harus bersih dari cacat.

Usia Orang Yang Diakikahi

Perbedaan pendapat tentang usia orang yang akan diakikahi sebagai berikut :
Jumhur fukaha berpendapat bahwa yang diakikahi adalah anak laki-laki dan anak perempuan yang masih kecil. Pendapat ini disandarkan atas keterangan hadis bahwa akikah dilakukan pada hari ketujuh dari kelahiran anak.
Sebagian fukaha bahkan berpendapat membolehkan akikah untuk orang dewasa. Pendapatnya disandarkan pada sebuah riwayat dari Anas bin Malik bahwa Nabi saw mengakikahi dirinya sesudah diutus sebagai Nabi.

Jumlah Hewan Akikah

Dalam menentukan jumlah hewan akikah terdapat pula perbedaan pendapat dari para fukaha sebagai berikut :
Imam Malik, berpendapat cukup satu ekor kambing, baik untuk anak laki-laki maupun untuk anak perempuan.
Imam Syafi’I, Abu Saur Ibrahim bin Khalid Yamani al-Kalbi, Abu Dawud, dan Ahmad, berpendapat untuk anak perempuan adalah satu ekor kambing dan untuk anak laki-laki adalah dua ekor kambing.

Waktu Penyembelihan

Untuk waktu penyembelihan hewan akikah menurut pendapat fukaha sebagai berikut:
Jumhur fukaha berpendapat harus dilakukan pada hari ketujuh dari kelahiran anak.
Sebagian fukaha malah membolehkan penyembelihan dilaksanakan pada pekan kedua atau pekan ketiga dari kelahiran anak.
Tetapi bagi fukaha yang membolehkan akikah untuk orang dewasa, maka penyembelihan itu tentunya boleh dilakukan pada usia dewasa.

Hukum daging akikah serta bagian-bagian lainnya sama dengan hukum daging kurban dalam hal makan, sedekah, dan larangan menjualbelikannya.

Dalam masyarakat Islam, tradisi upacara akikah biasanya dihubungkan dengan upacara pencukuran rambut dan penamaan anak. Hal tersebut didasarkan pada hadis Nabi saw yang diriwayatkan oleh at-Tirmizi, an-Nasa’i, dan Ibnu Majah dari Hasan dari Samurah yang artinya: “ Setiap anak tergadai dengan akikahnya. Pada hari ketujuh ia disembelihkan akikah itu, rambutnya dicukur, dan diberi nama.” Upacara tersebut merupakan reaksi Islam terhadap tradiri Jahiliah. Sebelum Islam datang, setiap kepala anak yang baru lahir biasa dinodai dengan darah binatang sembelihan, kemudian kebiasaan ini dibatalkan oleh Islam dan diganti dengan akikah.

Hikmah-hikmah Akikah

· Merupakan kurban yang mendekatkan anak kepada Allah swt sejak masa awal menghirup udara kehidupan.

· Merupakan tebusan bagi anak untuk memberikan syafaat pada hari akhir kepada kedua orang tuanya.

· Mengokohkan tali persaudaraan dan kecintaan di antara warga masyarakat dengan berkumpul di satu tempat dalam menyembut kehadiran anak yang baru lahir.

· Merupakan sarana yang dapat merealisasikan prinsip-prinsip keadilan sosial dan menghapuskan gejala kemiskinan di dalam masyarakat, misalnya dengan adanya daging yang dikirim kepada fakir miskin.

39 Tanggapan to “Aqiqah”

  1. Dani berkata

    Ass…Nama saya Dani, saya mempunyai istri yang baru melahirkan anak pertama saya. di hari saya menulis ini adalah dimana sudah 7 hari usia anak saya.
    Yang ingin saya tanyakan, apakah boleh Akikah slain hari ke 7?
    misalnya hari ke 11,19, 25 dan lain sebagainya atau pas usia 40 hari dan 100 hari…Saya sendiri sampai saat ini belum Akikah, karna keadaan ekonomi kami yang kurang (maaf).
    saya bingung setelah baca artikel ini…yang saya bingungkan,
    saya harus ikut kemana? apakah ikut ke :
    1. Segolongan fukaha
    2. Jumhur (mayoritas.
    3. Para fukaha pengikut Abu Hanifah (Imam Hanafi)
    dan pertanyaan terakhir…klo saya di beri kepercayaan oleh Allah untuk menjadi orang yang ada, apakah boleh saya Akikah untuk diri sendiri, maksudnya dengan uang sendiri bukan uang dari orang tua? karna ada yang bilang itu adalah tanggung jawab orang tua.
    demikian pertanyaan saya…Wassalam..

    Dani Septandi
    Bandung.

    • zamah berkata

      Bapak boleh pilih yang mana saja toh semua ada dasarnya dan juga tidak ada yang mengharamkan salah satunya.. untuk aqiqah sendiri boleh kok

      • jun Net berkata

        kalau seandai nya kita tak mampu untuk hewan akikah bagaiman bu..?

  2. devi berkata

    Daging akikah di bagikan ke siapa aja yang berhak menerimanya ?

    • zamah berkata

      Yang berhak menerima daging sembelihan aqiqah ?
      Mereka yang paling layak menerima sedekah adalah orang fakir dan miskin dikalangan umat islam begitu juga dengan aqiqah. Walau bagaimapun berdasarkan beberapa buah hadist dan amalan Rasulullah dan sahabat kita di sunnahkan juga memakan sebahagian daripada daging tersebut ,bersedekah sebahagian dan menghadiahkan sebahagian lagi. Sumber: http://www.almizanaqiqah.com/apaituaqiqah.html

  3. HERI berkata

    Untuk hewan akikah, sebagian orang berpendapat bahwa hewan yang digunakan adalah hewan kambing, dan tidak boleh menggunakan hewan sapi, apakah hal itu benar?

    • For akikah animals, some people argue that animals are animals that are used goats, and cows may not use animals, whether it be right?

  4. Fauzan berkata

    Kemarin 19 Februari kami melakukan Aqiqah anak laki-laki yg kami adopsi. Ia lahir tgl 8 Februari. Kami sepakat beri nama Daffa Ar-Razan, apakah nama ini artinya bagus pak? jazakillah….

  5. satrian berkata

    assalamualaikum wr wb, sblmnya saya mau tanya?anak saya br lahir kemarin dg hasil cewek syukur alhamdulilah rasanya saya panjatkan kpd allah swt,rencana kami 5hari setlh kelahirannya,saya mau akikahkan anak pertama saya yg mau saya tanyakan dlm hukum islam pastix melaksanakanx akikah setelah berapa harinya?sebelum n sesudahnya saya ucapkan terimakasih

    • wahyu berkata

      “Seorang anak yang baru lahir tergadaikan oleh akikahnya. Maka disembelihkan kambing untuknya pada hari ke tujuh, dicukur rambutnya dan diberi nama”. (HR. Ashabussunah) Imam Ahmad dan Tirmidzi meriwayatkan dari Ummu Karaz Al Ka’biyah bahwa ia bertanya kepada Rasulullah tentang akikah. Beliau bersabda, “Bagi anak laki-laki disembelihkan dua ekor kambing dan bagi anak perempuan disembelihkan satu ekor. Dan tidak akan membahayakan kamu sekalian, apakah (sembelihan itu) jantan atau betina.”

  6. rizki berkata

    ass…..
    saya mau tanya,
    1.apakah aqiqah itu harus dilaksanakan pada hari ke 7 anak dilahirkan?
    2.apa boleh,aqiqah itu dilaksanakan tidak pada saat usia 7hari,semisal umur 1thn?bagaimana hukumnya n apa dasarnya?
    demikian pertanyaan saya,mohon untuk segera dibalas.trima kasih
    wassalam….

  7. wartono berkata

    Anak saya lahir kemarin tgl 14 april 2011 jam 23.33 berjenis kelamin laki-laki,saya mau ngasih nama kesulitan dan bingung….
    Maukah membantu memberi nama untuk anakku?

  8. nurkhalis latif berkata

    gimana cara menghitung hari setelah kelahiran untuk haqiqah dihari yang ke 7 ?

  9. santi berkata

    saya ingin m,emberikan nama anak saya yg artinya sang pembela islam tetapi saya tidak tahu nama untuk pembela islam itu ap hanya saya ingin membeerikan naama anak saya yang artinya sang pembela islam?

  10. zulkifli berkata

    say zulkifli asalamualaikum www anak say lahir pada tgl 25 Juli 2011 rencana mau akikah tanagl 4 september2011karna hari ketujuh sudah bulan puasa
    mohon masukan atau balasan secepatnya

  11. nimas berkata

    bagaimana jika seseorang sampai tutup usisnya belum di akikah? bisakah ahli warisnya meng-akikahkan?

  12. wibowo agung berkata

    ass. saya mau tanya apakah anak yang terlahir meninggal dengan keadaan kumplit jasadnya, boleh di aqiqahkan

  13. budi berkata

    ass perkenalkan nama saya budi,begini ada soal,barusan krn istri melahirkan anak yang kedua,alhamd laki laki.rencana mau akikah,pada hari keberapa?

    • zamah berkata

      Waktu Penyembelihan

      Untuk waktu penyembelihan hewan akikah menurut pendapat fukaha sebagai berikut:
      Jumhur fukaha berpendapat harus dilakukan pada hari ketujuh dari kelahiran anak.
      Sebagian fukaha malah membolehkan penyembelihan dilaksanakan pada pekan kedua atau pekan ketiga dari kelahiran anak.
      Tetapi bagi fukaha yang membolehkan akikah untuk orang dewasa, maka penyembelihan itu tentunya boleh dilakukan pada usia dewasa

  14. deden berkata

    trim kash penjelsny

  15. asslkum, perkenal kan nama saya kristo. selain sapi,domba,dan kambing.kira kira klo ayam boleh kh di akikah kan.... berkata

    asslkum, perkenal kan nama saya kristo. selain sapi,domba,dan kambing.kira kira klo ayam boleh kh di akikah kan….

    • zamah berkata

      Pertanyaan yang bagus tapi belum pernah ada ya yang akikah pake ayam. Kambing saja harus pake kambing yang jantan dan gagah lho…

  16. agus berkata

    assalamualaikum,perkenalkan saya agus.
    saya mau tanya kalo kita aqiqah apakah bolwh kita makan dagingnya,kalo boleh berapa banyak bagian yang boleh kita makan?terima kasih
    waalaikumsalam

  17. Hernawan berkata

    Pengetahuan yang sangat bermanfaat. Pertanyaannya:saat pemberian anak,bagaimanakah hukumnya pembacaan maulidul barzanji?, trm ksh

  18. Maulana berkata

    saya mau tanya nih,,,, bagaimana hukumnya kalau seseorang belum akikah,, tetapi sudah melaksanakan kurban…..????

    • zamah berkata

      Qurban dan Aqiqah tidak berhubungan. Kalau mau Aqiqah lakukan saja tanpa harus memikirkan sebelum atau sesudah Qurban.

  19. haris berkata

    Anak saya meninggal pada umur 2 hari. Apakah sudah termasuk waktu untuk diakikahkan?

    • zamah berkata

      Pembahasan tentang aqiqah cukup panjang, maka untuk lengkapnya anda bisa buka http://www.aqiqahonline.com

  20. Tlng carikan nama untuk bayi sm bermakna islam tgl lahir 14 februari 2012 laki laki

  21. naning berkata

    Pada saat anak-anak kami lahir kebetulan kami tidak punya kemapuan untuk berakikah, apakah setelah kami mampu kami diharuskan berakikah padahal anak-anak kami sudah dewasa bahkan salah satunya sudah berkeluarga ?

  22. muhammad yasin berkata

    wah sangat menarik nih pembahasan aqiqah bisa dilihat di http://aqiqahonline.com/panduan-aqiqah

  23. assalamualaikum..

    teh saya seorang siswa smk mau bertanya,,
    jika kelak saya sudah dewasa dn memiliki suami,,,namun orang tua saya belum meng aqiqah kan saya,,
    siapa yg harus terlebih dahulu di akikah kan…saya,apa ke dua orang tua saya..?
    karna saya tau kedua ortu saya blum aqiqah…

    • zamah berkata

      Anda bisa mengakikahkan orang tua anda terlebih dahulu… baru akikahkan diri sendiri… lihat tulisan di bawah ini:

      Utk Saudara Haris,
      Walaupun pelaksanaan aqiqah disunatkan pada hari ketujuh setelah kelahiran, para ulama berpendapat aqiqah tetap disunatkan selama bayi belum diaqiqahi. Bahkan Nabi pun baru melaksanakan aqiqah atas diri beliau setelah menerima tugas kenabian. Jadi, kalau Anda mau melaksanakan pada hari ke-30 itu juga tak apa-apa. Sedang daging aqiqah memang seharusnya disajikan dalam keadaan matang, kebalikan dari daging kurban yang harus dibagikan dalam keadaan mentah.

      http://www.pesantrenvirtual.com/index.php?option=com_content&task=view&id=695&Itemid=30

  24. erin berkata

    apakah umur 50 masih boleh aqiqah? apakah itu sesuai dengan perintah allahdan sunah rosul?

    • zamah berkata

      Boleh Rin nggak apa-apa

  25. Agoes berkata

    Tolong dong carikan beberapa contoh rangkaian nama buat anak laki laki saya yang rencananya lahir bulan februari.kami mempunyai kata AGNA yg rencana kami sisipkan ditengahnya.klo bisa jangan diawali huruh A.atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

  26. bungaaqiqah berkata

    Bagus artikelnya, saya suka. Ditunggu kunjungan baliknya

    http://bungaaqiqah.com

    Memberikan solusi bagi anda, dalam menjalankan ibadah Aqiqah Anda cukup menelpon, Kami yang mengerjakan.

    Rasulullah bersabda :
    “Setiap anak digadaikan dengan Aqiqahnya, disembelihkan (binatang) pada hari ke Tujuh dari kelahirannya, dicukur kepalanya dan diberi nama.” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, dan Ibnu Majah

    Kelebihan Layanan yang kami berikan :
    - Pesanan Via Telepon
    - Antar Gratis JABODETABEK
    - Diproses secara Syar’i dan Profesional
    - Harga lebih hemat dan variatif
    - Bonus Buku Risalah Aqiqah 50 exp
    - Siap menyalurkan ke Panti / Yayasan
    - Pesanan diluar JABODETABEK via transfer
    - Pembayaran setelah barang sampai di tempat
    - Menu masakan sesuai permintaan
    - Menerima pesanan Nasi Box
    - Dapatkan Souvenir Menarik (selama persediaan masih ada)

    Bapak Ayyash 02183816686 / 02143931019

  27. Agoes berkata

    Assalamualaikum mbak,aq minta tolong carikan beberapa contoh rangkaian nama buat anak laki laki saya yang rencananya lahir bulan februari ini.saya mempunyai kata AGNA yang akan saya sisipkan ditengahnya.yang penting tidak diawali dg huruf A..atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

  28. Izin menyimak ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 914 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: